Updated : Apr 27, 2020 in Tips and Trik

Tips Mengganti Aki Mobil di Rumah yang Benar dan Aman

Mengganti aki mobil memang terlihat sangat sederhana dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Walau proses ganti aki cukup lepas terminal yang ada di 2 kepala aki lalu kendurkan bautnya, bila sembarangan ternyata dapat menimbulkan sebuah masalah. Maka dari itu, perhatikan beberapa tips mengganti aki mobil di rumah dengan benar agar aki mobil berjalan secara lancar kembali.

Tips Mengganti Aki Mobil di Rumah yang Benar

Baik aki mobil basah ataupun kering, anda tetap harus memperhatikan dan juga menerapkan tips mengganti aki mobil di rumah yang benar. Meskipun sebenarnya proses pergantian aki mobil itu sangat sederhana. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya untuk anda.

Pastikan Mesin Dalam Keadaan Mati

Langkah awal dalam mengganti aki mobil adalah dengan memastikan bahwa mesin mobil dalam keadaan mati. Tujuannya sendiri adalah untuk menghindari error atau bahkan kerusakan pada electronic control unit yang merupakan bagian utama dalam mengatur sistem mobil. Anda dapat membiarkan sejenak mesin mobil dalam kunci kontak mati kira-kira 1 hingga 2 menit.

Lepas Kabel Terminal Negatif Aki

Untuk mencegah terjadinya percikan api, anda perlu melepaskan kabel terminal negatif aki. Longgarkan baut yang ada dalam kabel terminal negatif dengan menggunakan bantuan perkakas khusus seperti kunci pas. Kemudian lakukan hal yang sama dengan kabel terminal positif. Jangan sampai tertukar jika anda tidak ingin terjadi kerusakan yang lebih parah pada mobil anda.

Cabut Aki yang Ingin Diganti

Langkah selanjutnya adalah dengan mencabut aki yang lama dari tempat duduknya. Namun, anda perlu berhati-hati ketika tengah mengangkat aki karena beratnya dapat mencapai 20 kilogram lebih. Apabila merasa keberatan, anda dapat meminta bantuan orang lain untuk mengangkat bersama.

Bersihkan Kabel Terminal

Setelah aki terangkat, bersihkan karat yang ada pada kabel terminal dan juga dudukan aki mobil dengan menggunakan sikat gigi ataupun baking soda. Jika sudah, keringkan dengan menggunakan kain hingga kandungan air hilang.

Pasang Aki Baru

Langkah terakhir tips mengganti aki mobil di rumah adalah memasang aki baru. Ketika memasang aki baru, usahakan kapasitas dan juga ukuran aki sama dan standar dengan yang pabrikan. Kemudian pasang terminal positif, dilanjutkan dengan negatif. Setelah itu, reset ulang ECU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *